Rabu, 07 Agustus 2013

Tanya Jawab 02




Pertanyaan : 
Bila ingin membuat pelimpahan jasa kepada orang yang telah meninggal dunia dan musuh kerabat penagih hutang, sebaiknya dengan cara apa yang paling bermanfaat? Upacara-upacara yang diadakan di vihara, apakah dapat menyelamatkan mereka?


Master Chin Kung menjawab : 
Masalah ini  pada masa Dinasti Qing, Upasaka Peng Ji-qing dan Master Ci Yun merupakan cendekiawan Agama Buddha. Master Ci Yun memberitahukan pada kita bahwa di dunia ini karma seburuk apapun, ketika semua sutra dan upacara pertobatan tidak berdaya menyelamatkan, terakhir tinggal satu-satunya cara yang dapat menyelamatkannya, yakni melafal Amituofo dan menyalurkan jasa kepadanya. Jasa kebajikan dari melafal Amituofo sungguh tak terbayangkan, melampaui seluruh pintu Dharma.

Maka itu bila anda bertanya untuk melakukan pelimpahan jasa dengan cara apa yang paling bermanfaat, tidak ada yang lebih unggul daripada sepatah Amituofo. Maka itu bila anda ingin membaca sutra, bacalah Sutra Amitabha atau Sutra Usia Tanpa Batas, jika tidak melafal sutra maka lafallah Amituofo untuk melimpahkan jasa kepadanya, namun harus dengan ketulusan hati. Jika anda pernah menjanjikan akan melafal seberapa banyak Amituofo kepadanya, misalnya ratusan ribu kali, maka anda harus memenuhi janji tersebut.





问:超度已故的亡人及冤亲债主,以什么方法帮助他们最有利?寺里的法师做法事等等,是否有能力真正超拔他们?



  答:这一桩事情,在清朝乾隆时候,彭际清居士是当时佛门的大德,他的著作也很多;还有一位高僧慈云灌顶法师,在家出家的都是通宗通教。而灌顶法师在《观无量寿佛经批注》里面,这批注是他作的,他说世间极重的罪业,佛法所有的经教、经忏佛事都没有办法超度的,最后还有一门能够超度,这一门是什么?念阿弥陀佛给他回向,念佛功德不可思议,超出所有一切的法门,你去读这本书你就知道了。所以你问超度用什么方法最有利,没有比阿弥陀佛更殊胜的。所以你要念经,你念《阿弥陀经》,或者是念《无量寿经》,不念经就念这一句佛号给他回向,但是要真诚、要恳切,你要念多少,专为他念的。譬如说我念十万声佛号超度他,你一定要念满十万声。你念一百万声佛号超度他,你在多少时间之内一定要把你的功课做圆满,这力量不可思议。(出处同上 21-90-88