Rabu, 07 Agustus 2013

Tanya Jawab 01




Pertanyaan : 
Sejauh ini kami menfokuskan diri melatih Ajaran Sukhavati, apakah setiap penanggalan lunar che-it dan cap-goh, kami perlu membaca Sutra Ksitigarbha dan juga melafal nama Bodhisattva Ksitigabha?  


Master Chin Kung menjawab : 
Ini tergantung situasi dan kondisi. Jika anda demi mengasihi para makhluk yang jatuh ke alam penderitaan, membaca sutra untuk melimpahkan jasa kepada mereka, ini sangat bagus. Namun jika anda adalah praktisi yang menfokuskan diri melatih Ajaran Sukhavati, maka ini tidak perlu. Master Ci Yun dari Dinasti Qing berkata bahwa  sesungguhnya untuk mengeliminasi rintangan karma, kekuatan yang paling unggul adalah dengan melafal sepatah Amituofo dengan penuh hormat. Ucapan beliau sangat bagus, ketika rintangan karma sangat berat, semua sutra dan upacara pertobatan tidak mampu menyelamatkan, terakhir masih ada sepatah Amituofo yang dapat menyelamatkan. Walaupun orang itu pernah melakukan karma buruk, namun asalkan nafasnya belum putus dan kesadarannya masih jelas, yang paling dicemaskan adalah bila terkena penyakit pikun, dan orang ini bersedia bertobat, maka dengan sepatah Amituofo dia juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Maka itu jasa kebajikan dari nama Buddha sungguh tak terbayangkan,  segala sutra dan syair pertobatan tidak dapat sebanding dengannya.




问:我们专修专念净土法门,是否需要在初一、十五念《地藏经》、念地藏佛号?算不算夹杂?


  答:这个看什么样情形。如果你是慈悲心为一切堕在恶道众生,念经帮助他、超度他,很好。如果自己专修净土,那就没有这个必要。清朝乾隆时间,慈云灌顶法师在《观无量寿佛经》批注里面告诉我们,实际上消除业障力量最殊胜的,就是恭恭敬敬持这一句佛号。他说得很好,业障重的时候,所有一切的经典、所有一切忏悔的仪规都没有办法救的时候,最后还有这一句佛号能救。造五逆十恶之罪,只要他一口气不断,头脑很清楚,如果得痴呆症就没办法,最怕的是这个,这是业障现前,头脑清楚、真正忏悔,这一句佛号也能往生。所以名号功德不可思议,所有一切经忏都不能跟它相比,这个我们一定要认识清楚。(出处同上 21-90-12